Senin, 15 April 2013

Disdik Medan Jamin Tidak Ada Kebocoran Soal UN


Medan, (Analisa). Kepala Dinas Pendidikan Kota Medan, Drs Parluhutan Hasibuan menjamin untuk ujian nasional (UN) kali ini tidak ada kebocoran soal.

”Kita sudah berusaha semaksimal mungkin. Segala upaya dilakukan agar tidak terjadi kebocoran naskah UN, semoga pelaksanaan UN tahun ini lancar dan seluruh siswa bisa lulus dengan nilai yang memuaskan,” ujar Parluhutan Hasibuan saat meninjau naskah UN yang tiba di kantor Disdik Medan, jalan Pelita IV Meda, Minggu (14/4).

Dia menjelaskan, Disdik Kota Medan hanya sebagai fasilitator untuk tempat penyimpanan naskah UN. Naskah UN disimpan di lantai dua, sedangkan untuk kunci gembok masing-masing dipegang pihak Unimed dan kepolisian. “Untuk pendistribusian akan dilakukan besok (hari ini-red) mulai pukul 05.15 WIB,” katanya.

Parluhutan menambahkan, dirinya akan mendampingi Walikota Medan, H Rahudman Harahap mengunjungi SMA Negeri 1 dan SMA N 13 Medan untuk memberikan semangat kepada para peserta UN.

"Jika diperbolehkan masuk oleh satuan pendidikan, maka kita akan masuk. Tapi jika tidak diberi ijin akan ditinjau dari luar saja,” bebernya.

Menurutnya, naskah UN tiba di Dinas Pendidikan Medan pukul 10.15 WIB dengan menggunakan dua unit truk. Naskah UN berjumlah 968 kotak, dengan rincian SMA 687 kotak, SMK 248 sedangkan Paket C, 33 kotak.

Tidak Dibenarkan

Di tempat terpisah, Ketua Pengawas Satuan Pendidikan UN 2013 Sumut, Prof. Dr. Khairil Anshari kepada wartawan mengatakan sesuai aturan dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) pejabat tidak dibenarkan memasuki ruangan UN.

”Sesuai aturan dari BSNP siapapun dilarang masuk ke dalam kelas terkecuali para pengawas ruangan dan peserta UN sendiri, jika ingin melihat dipersilahkan dari luar,” ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Drs M Zein, MSi mengaku juga akan melakukan peninjauan pelaksanaan UN bersama Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho ST.

Sekolah yang akan ditinjau, katanya belum dipastikan. "Besok (hari ini-red) kita akan melakukan peninjauan UN rencana dari beberapa sekolah, salah satunya SMA Swasta Harapan 2 di Gedung Johor. Tapi masih menunggu kepastian Gubsu," kata Zein melalui telepon selular.

Di tempat terpisah, Kepala SMK N 1 Percut Sei Tuan, Drs Kasni MPd mengaku pihak siap melaksanakan UN. "Siswa kita minta maksimal belajar dan jangan lupa berdoa. Untuk melatih mereka. Sekolah juga telah melaksanakan try out UN," katanya. (maf)